Jepara (Masih) Kota Ukir

0
319

JEPARA – Desa Blimbingrejo merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Nalumsari yang terkenal dengan industri kerajinan gebyok ukirnya.

Tepat pada tanggal 31 Oktober 2018, Blimbingrejo ditetapkan menjadi desa industri di Jepara yang ke-10 seperti sebelumnya di mana terdapat sentra industri patung di desa Mulyoharjo, sentra roti di desa Bugo dan lain sebagainya.

Dengan dicanangkannya Blimbingrejo sebagai Sentra Industri Gebyok Ukir menegaskan bahwa industri kayu masih menjadi komoditas yang menggairahkan, meskipun di tengah invasi besar-besaran industri non kayu dari luar Jepara yang masuk dan imbasnya adalah penyerapan tenaga kerja yang dulunya dominan di sektor industri kayu sekarang mulai didominasi pada industri garmen dan sepatu.

Saat ini terdapat kurang lebih 90 orang pengrajin gebyok ukir di Blimbingrejo.

Pencanangan Blimbingrejo sebagai desa industri gebyok ukir diharapkan mampu mendongkrak perekonomian penduduk setempat khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

“Semoga produk gebyok ukir tidak hanya terkenal di Denpasar, Bali tetapi juga ke daerah lain”, demikian disampaikan Bupati Ahmad Marzuqi dalam sambutannya.